I. SILABUS SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER : XI(sebelas) / 1(satu)
KODE KOMPETENSI : 2.(dua)
ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit

  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak
  3. INDIKATOR
    1. Karya seni rupa terapan dalam berbagai teknik dan corak dijelaskan berdasarkan prinsip, azas,fungsi dan unsurseni rupa
    2. Gambar desain dibuat berdasarkan pertimbangan prinsip,azas dan fungsi seni rupa
    1. MATERI PEMBELAJARAN
      1. Prinsip-prinsip seni rupa
      2. Unsur-unsur seni rupa
      3. Azas seni rupa
      4. Fungsi seni rupa
      5. Gambar desain
    2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      1. Menjelaskan prinsip prinsip seni rupa meliputi paduan harmoni, kontras, irama, dan gradasi
      2. Menjelaskan unsur unsur seni rupa meliputi garis tekstur, warna dan ruang
      3. Menjelaskan azas seni rupa meliputi kesatuan, keseimbangan, kesederhanaan,aksentuasi dan proporsi
      4. Menjelaskan fungsi seni rupa meliputi fungsi pakai dan terapan
      5. Gambar desain seni terapan
    3. PENILAIAN
      Lisan Tertulis Praktek
    4. SUMBER BELAJAR
      Banu, Pono.(1994),
      Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. Mack, Dieter.(1995), Sejarah Musik, PML,
      Yogyakarta. Rekaman musik audio/audio visual :Klasik, Modern. Rekaman musik: hiburan, bisnis, danamal. Koran, majalah,media elektronik, dll Contoh beberapa hasil

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. SILABUS SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER : XI(sebelas) / 2(dua)
KODE KOMPETENSI: 2.(dua)
ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit

  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni musik
  2. KOMPETENSI DASAR
    Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang diselenggarakan di sekolah
  3. INDIKATOR
    1. Persiapan pertunjukan musik di sekolah didiskusikan berdasarkan jenis lagu dan waktu yang diperlukan untuk pementasan.
    2. Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manajemen pementasannya
    3. Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi siswa dalam kaitannya dengan kerjasama dan nilai-nilai sosial.
    1. MATERI PEMBELAJARAN
      1. Menyusun urutan lagu dan waktu dalam pementasan.
      2. Manajemen pementasan musik di sekolah
      3. Manfaat bermain musik secara kelompok
    2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
      1. Menjelaskan pengertian pertunjukan musik
      2. Memutar rekaman pementasan musik
      3. Mendiskusikan urutan lagu yang dipentaskan
      4. Mendiskusikan durasi waktu yang ideal untuk pementasan musik
      5. Menjelaskan pengertian manajemen pementasan dengan prinsip POAC
      6. Membuat contoh rencana pementasan musik di sekolah dengan mempertimbangkan jenis lagu, urutan, dan durasiwaktunya.
      7. Menjelaskan pengertian bermain musik kelompok(bersama)
      8. Menjelaskan jenis-jenis permainan musik kelompok
      9. Memutar beberapa contoh permainan musik secara kelompok
    3. PENILAIAN
      Lisan Tertulis Praktek
    4. SUMBER BELAJAR
      Banu, Pono. (1994),
      Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. Mack, Dieter.(1995),
      Sejarah Musik, PML,Yogyakarta. Rekamanmusik audio/audio visual :
      Klasik, Modern. Rekaman musik: hiburan, bisnis, danamal. Koran, majalah,
      media elektronik, dll

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

About these ads