Image

Daya terang atau sorotan dari headlamp yang maksimal tentunya akan sangat mempengaruhi tingkat keamanan dan kenyamanan saat mengemudi mobil, terutama saat malam hari. Terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini, kondisi jalan yang cenderung lebih cepat gelap akibat mendung dan jarak pandang yang semakin berkurang saat hujan deras membuat pengemudi lebih awal menyalakan headlamp.

Bila daya sorot headlamp tidak maksimal atau telah terlihat meredup sudah pasti membuat pandangan saat mengemudi malam hari menjadi sangat berkurang, alhasil perlu ekstra konsentrasi dari si pengemudi agar dapat melihat kondisi jalanan secara menyeluruh yang dapat membuatnya lebih cepat lelah dan pastinya kelelahan itu dapat menjadi sumber malapetaka. Untuk itu, jika SO Mania mendeteksi indikasi meredupnya sinar headlamp mobil, sebaiknya segera melakukan perbaikan agar daya sorotnya kembali maksimal seperti mobil baru. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sinar headlamp mobil mulai terlihat meredup.

Image
Grounding Bermasalah
Yang paling berpengaruh adalah sistem grounding mobil yang bermasalah. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan, kemungkinan kabel grounding ada yang lepas atau putus karena faktor usia dari kabelnya. Maka dari itu, yang kemungkinan mengalami hal ini adalah mobil yang usianya diatas 7 tahun. Rusaknya bohlam headlamp ataupun socketnya juga salah satu penyebab redupnya sinar lampu headlamp, hal ini dipengaruhi masa pakainya.

Kaca Headlamp Kotor atau Rusak
Daya sorot headlamp terlihat meredup juga bisa disebabkan oleh kotornya kaca headlamp, terutama pada sisi dalamnya. Untuk itu kaca headlamp harus dibuka agar dapat dibersihkan secara menyeluruh dengan mencucinya menggunakan shampo pencuci mobil serta lap yang lembut agar tidak membuat goresan halus. Untuk mengeringkannya pun harus menggunakan lap yang lembut dan bersih. Sebelum kembali memasangnya, pastikan dulu kaca headlamp telah benar-benar kering agar tidak menimbulkan embun saat headlamp dinyalakan. Embun / air yang menempel pada bohlam (bulb) headlamp dapat menyebabkan bohlam pecah atau putus.

Image
Untuk headlamp yang terbuat dari plastik atau mika, redupnya sorotan sinar headlamp bisa disebabkan karena kaca headlamp telah buram karena meleleh akibat masa pakai ataupun panas berlebih dari bohlam headlamp, umumnya permukaannya menjadi kuning/putih susu dan terlihat retak-retak. Untuk menghindari dan memperpanjang masa pakai headlamp plastik atau mika, hindari penggunaan bohlam yang dayanya berlebihan dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Reflector Headlamp Kotor atau Rusak
Peranan reflector adalah untuk memantulkan dan membiaskan sinar headlamp agar sorotannya lebih melebar dan terang, jika permukaan yang berlapis krom telah dipenuhi kotoran, maka pantulan sinar dari bohlam headlamp jadi tidak sempurna, sehingga daya sorotnya melemah dan terlihat redup. Untuk itu saat sedang membersihkan kaca headlamp, jangan lupa untuk membersihkan juga reflectornya. Saat membersihkannya, periksa juga kondisinya.

Image
Karena umur pakai dan panas headlamp bisa meyebabkan lapisan krom pada reflector terkelupas dan hal ini juga dapat mempengaruhi daya sorot headlamp. Jika kondisinya sudah terkelupas, sebaiknya segera ganti dengan reflector original yang baru