Banyak nya energi yang terbuang percuma pada mesin – mesin mobil dalam bentuk energi panas. BMW Group Research and Engineering berhasil memanfaatkan energi panas itu untuk meningkatkan daya mesin sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

Dengan menggunakan mesin 1.8 liter empat silinder, terobosan itu bisa meningkatkan efisiensi 15% dan meningkatkan daya hingga 10kW. Disaat yang sama, 20Nm torsi lagi berhasil digali. Tambahan daya dan torsi ini semata-mata didapat dari pemanfaatan panas exhaust gas dan water cooling yang selama ini terbuang percuma.

Proyek ini diberi nama Turbosteamer dan berdasarkan prinsip kerja mesin uap. Fluida dipanaskan hingga berbentuk uap dalam dua sirkuit dan ini digunakan untuk menggerakkan mesin. Pemasok energi utama adalah sirkuti temperatur tinggi yang menggunakan panas dari gas buang (exhaust) dari mesin pembakaran dalam( internal combustion engine) melaui alat penukar kalor(heat exchanger). Dengan teknologi ini, lebih dari 80% energi panas yang dibuang pada knalpot di daur ulang sehingga polusi pun berkurang.

Uap yang dihasilkan kemudian diarahkan langsung ke expansion unit yang di dihubungkan ke crankshaft mesin. Sebagian besar dari panas yang terbuang diserap sirkuit pendingin mesin, yang bertindak sebagai pemasok energi kedua untuk Turbosteamer