Kipas pendingin radiator yang ini berbeda dengan kipas lain, kipas ini mampu berputar 2 kali lipat lebih cepat dari putaran mesin bila dibandingkan dengan kipas konvensional lain. Namun apa yang terjadi bila kipas ini rusak..? kipas terasa los hanya berputar lemah.

failUntuk mengganti kipas ini juga tidak murah, kebanyakan dari para mekanik merekondisi kipas ini. Kali ini saya akan berikan tips untuk merekondisi visco fan milik cherokee/wrangler.

Kebanyakan kipas rusak akibat usia, kita bisa mengakalinya dengan cara mengganti cairan yang terdapat didalam visco dengan silicon oil, silicon oil ini akan berubah kekentalannya sesuai dengan panas mesin, semakin panas suhu mesin maka silicon oil akan semakin mengikat.

Terlebih dahulu kipas dilepas dari waterpump, kemudian periksa dengan teliti kondisi bilah kipas, yang dilanjutkan dengan memeriksa bagian visco seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini..

Periksa apakah as kipas masih baik dan tidak ada oli yang merembes.

lubang_fanBuat lubang kecil menggunakan bor dengan diameter kecil kira-kira berukuran 1mm pada bagian yang ditunjukan pada gambar disamping kiri, usahakan lubang yang anda buat berbentuk tirus agar mudah untuk menutupnya setelah menyuntikan cairan silicon oil kedalam visco fan.

Suntuk cairan silicon kedalam lubang, sambil memutar as pegangan baut yang menempel pada waterpump, anda akan merasa as yang anda putar lebih berat dari sebelumnya, bila ini sudah terjadi maka cairan silicon sudah masuk dan cukup — jadi tidak usah sampai penuh mengisi silicon oil, hanya sampai as terasa berat, bila silicon oil kepenuhan maka tidak ada ruang untuk mengembang dan akan terjadi kompresi didalam ruang yang dapat menimbulkan kebocoran pada seal.fanclutch

Kemudian tutup lubang bekas bor tadi menggunakan solder dan timah panas. Dan pasang kembali kipas dan visco. Bila kerusakan juga terjadi pada kipas ada baiknya anda melanjutkan pemeriksaan ke waterpump, karena sistem ini berhubungan langsung dengan waterpump.

<!– –>

Category