oleh: P. Francis J. Peffley
Sungguh amat banyak kisah nyata sehubungan dengan perantaraan St Yosef. Salah satunya yang terkenal di kalangan umum adalah “mukjizat tangga”.

 

Pada tahun 1872, uskup Santa Fe, New Mexico, mempercayakan pembangunan sebuah kapel biara, Our Lady of Light Chapel, kepada Suster-suster Loreto. Dalam masa pembangunan kapel, sang arsitek meninggal dunia mendadak dan baru sesudah kematiannya mereka mendapati suatu kesalahan dalam rancangan bangunan. Tak ada tangga menuju serambi atas paduan suara. Parahnya, dalam tahap pembangunan itu, suatu ruang bagi tempat tangga akan terlalu banyak makan tempat dan merusakkan design bangunan.

 

Para biarawati kemudian memulai novena sembilan hari kepada St Yosef, sebab ia seorang tukang kayu. Pada hari sesudah novena berakhir, seorang laki-laki berpakaian lusuh muncul di ambang pintu. Para biarawati menunjukkan kepadanya serambi atas paduan suara dan ruang amat terbatas yang tersedia untuk mendirikan tangga. Laki-laki itu meyakinkan para biarawati bahwa ia akan dapat membuatnya, maka mereka menyerahkan pekerjaan itu kepadanya. Bersama laki-laki itu, ada seekor keledai yang mengangkut kotak perkakas. Laki-laki itu menawarkan untuk segera mulai bekerja, jika mereka memberinya keleluasaan pribadi penuh sementara ia bekerja. Mereka setuju dan ia mengunci diri di dalam. Selama tiga bulan lamanya ia tidak mengijinkan seorang tamu pun, dan kemudian ia membuka pintu-pintu.

 

Ketika Moeder Superior masuk, ia menatap takjub; di sana, di pojok terdapat sebuah tangga yang amat indah, berdiri bebas (freestanding) menuju serambi atas paduan suara, dalam bentuk spiral rangkap, yang hingga kini dapat disaksikan oleh para pengunjung Santa Fe. Setiap bagiannya dengan sangat sempurna dipasangkan pada suatu alur – tanpa sebatang paku pun dipergunakan dalam bangunan tangga. Tanpa tiang penyangga, tanpa menempel pada dinding, tanpa tanda-tanda paku atau sekrup – melainkan hanya beberapa pasak kayu. Di samping itu, kayu yang dipergunakan tidak seperti kayu-kayu yang pernah dilihat Moeder; walau si tukang kayu tidak membawa sebatang kayu pun bersamanya. Para arsitek dari segenap penjuru negeri datang untuk memeriksa karya yang unik serta mengagumkan ini. Ketika pekerjaan telah selesai dan Moeder Superior biara hendak membayar si tukang kayu atas hasil kerjanya, si tukang kayu tak ditemukan di mana pun. Tak seorang pun melihatnya datang atau pergi. Upah ditawarkan; namun tak seorang pun pernah datang menuntut haknya. Maka orang yakin bahwa tukang kayu yang misterius itu tak lain adalah St Yosef sendiri, kepada siapa penghormatan diberikan oleh para Suster yang menyambut Komuni Kudus setiap hari Rabu demi memohon pertolongannya dalam pembangunan tangga. Tak diragukan lagi bahwa doa-doa para biarawati ini telah didengarkan dan dijawab dengan suatu cara yang sungguh menakjubkan.

 

sumber :The Miracle Staircase of Santa Fe, New Mexico” by Father Peffley; Father Peffley’s Web Site; http://www.transporter.com/fatherpeffley