Jakob Tigges, seorang arsitek jerman tengan memproyeksikan Sebuah ikon baru dan visioner di Berlin. Ia berencana untuk membangun sebuah gunung dengan tinggi sekitar 1000m yang disebut “The Berg”. Gunung ini nantinya akan menjadi tujuan wisata utama di Jerman.

Ide ini datang dari penutupan bandara Tempelhof di Berlin, yang akhirnya ditutup Oktober lalu. Pemerintah dengan segera mempromosikan pembangunan perumahan yang terbagi dalam 5 blok dan membuka tendernya. Tigges kemudian muncul, alih – alih dengan ide membangun rumah, Ia membawa rancangann sebuah gunung. Bisa ditebak, proyek ini dianggap sebagai omong kosong dan dieliminasi dari 12 proposal akhir.

Yang tidak disadari oleh para pejabat adalah ternyata ini adalah sebuah protes terhadap rencana pemerintah yang akan membangun apartemen, yang menurut para ahli, sudah erlalu banyak apartemen dibangun. Namun demikian, The Berg mulai dianggap serius oleh para penduduk Berlin, yang mulai membayangkan akan ada gunung setinggi 1000m di tengah kota. Selain sebagai tujuan wisata, gunung ini dimaksudkan untuk menciptakan habitat alami bagi satwa liar.

Banyak pihak yang mendukung Tigges, dan bahkan perusahaan Australia mengatakan proyek ini akan dapat selesai dalam 10 tahun.