Quote:
Mungkin kebanyakan orang terutama yang menyukai tentang mitologi Yunani atau fans dari herkules, mengetahui tentang 17 Dewa Yunani yang perkasa. Dewa utama Olimpus berjumlah 12 yaitu :

Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Demeter, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo, Artemis dan Hestia yang kemudian

menyerahkan tempatnya di Olimpus ke Dionyssus sehingga menjadikan Dionyssus dewa ke-12 di Olimpia.

Walau Hades termasuk dewa utama Yunani tapi karena ia tinggal di dunia bawah / neraka, maka ia menolak disebut sebagai dewa

Olimpus.

Sedangkan Poseidon, walau ia tinggal di laut, ia tetap menginginkan tempatnya di Olimpus.

5 Dewa utama lainnya yang tidak tinggal di Olimpus adalah :

Selene (dewi bulan), Helios (dewa matahari), Hebe (dewi pembawa cawan anggur untuk dewa di Olimpus), Persephone, dan

Hestia (dewi perapian)

Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Zeus:
Zeus adalah nama seorang dewa Yunani kuno. Dewa ini juga dikenal di Romawi kuno yang dikenal sebagai Jupiter.
Dalam mitologi, Zeus adalah Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera, Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi Dewa Penguasa Lautan, dan Hades yang menjadi Dewa Penguasa Alam Kematian.
Dari tahtanya di Gunung Olympia, Zeus mengatur dewa dan manusia dan menjaga alam semesta agar tetap tertib dan adil.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Hera:
Hera dikenal sebagai istri dan saudara perempuan dari Zeus. Hera adalah dewi pernikahan. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh kebijakan meskipun terkadang menjadi kejam karena cemburu. Ia adalah pelindung bagi kaum isteri dan mengerti perasaan tersakiti karena pengkhianatan oleh suami.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Poseidon:
Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa lautan. Dia adalah kakak dari Zeus yang menolongnya untuk mengalahkan tirani ayahnya, Chrono atau Saturnus dalam kepercayaan Romawi. Poseidon adalah satu dari dewa yang terkuat yang tidak tinggal di olimpus karena ia tinggal di dalam laut dan memerintah disana.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Ares:
Ares adalah dewa perang dalam mitologi Yunani. Di Roma, ia juga dikenal sebagai Mars. Mars adalah salah satu planet yang terdekat dengan bumi. Mars mempunyai dua bulan, Phobos dan Minos, yang dinamakan sebagai pelindungnya sekaligus anak Ares.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Hermes:
Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebagai Mercurius.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Hephaestus:
Hefestus/ Hephaestus, dikenal dengan nama Vulkan di mitologi Romawi. Ia adalah putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Ia adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Aphrodite:
Aphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Aphrodite merupakan istri dari Hephaestus.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Athena:
Athena adalah seorang Dewi Yunani yang melambangkan ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, strategi, dan perang. Ia dihubungkan oleh bangsa Etruria dengan dewi mereka bernama Menrva, dan kemudian dikenali oleh orang Romawi sebagai Minerva, yang ditemani oleh seekor burung hantu kecil, memakai sebuah tameng dada bernama Aegis yang diberikan kepadanya oleh ayahnya dan ditemani oleh dewi kemenangan, Nike.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Apollo:
Apollo adalah Dewa cahaya, musik, pepanah, pengobatan, dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Ramalan Orakel Delphi menunjukkan bahwa Apollo adalah salah satu dewa terpenting di Olimpus.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Artemis:
Artemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudara kembara Apollo. Artemis merupakan dewi hutan dan perbukitan, digambarkan selalu membawa busur dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Demeter:
Demeter dalam mitologi Yunani merupakan sebutan untuk dewi kesuburan. Konon, Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea yang sewaktu bayi sempat ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoid ayahnya. Keunikan dari Demeter adalah kecintaannya dalam mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan menjadikannya bercocok tanam. Di rambut Demeter terdapat jalinan dari bulir-bulir padi yang menunjukkan identitasnya sebagai dewi kesuburan.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Dionyssus:
Dionysus atau Dionisius atau dikenal sebagai Bacchus dalam mitologi Yunani dan Romawi adalah dewa anggur (arak) dan selalu diasosiasikan sebagai dewa pesta, ia juga merupakan salah satu dari 12 Dewa Olimpus.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Hestia:
Dalam mitologi Yunani, perawan Hestia, (Roma Hestia) anak Cronus dan Rhea (bahasa Yunani kuno ?st?a ‘) adalah dewi dari tungku, lambang dari rumahtangga dan keluarga, yang pertama menerima persembahan di dalam setiap rumah tangga. Setiap tungku perapian keluarga adalah tempat pemujaannya.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Hades:
Hades adalah dewa penguasa dunia bawah (underworld) dalam mitologi Yunani. Underworld sering diidentikkan dengan neraka atau tempat bersemayamnya roh-roh orang yang sudah mati. Dalam mitologi itu, underworld adalah Tartarus. Gerbang depan Tartarus dijaga oleh anjing berkepala tiga yang disebut Cerberus. Setiap roh orang yang telah mati akan menuju ke Tartarus, dan dewa yang bertugas mengantar roh orang mati itu adalah Hermes, sang utusan para dewa.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Helios:
Matahari dalam mitologi Yunani. Terkadang dia diidentifikkan dengan Apollo. Persamaan dari Helios di Mitologi romawi adalah Sol, nama latin dari “matahari. Helios adalah putra dari Titan Hyperion dan Theia dan kakak dari Eos “fajar” dan Selene “bulan”.
Quote:
http://www.artikelbebasku.co.cc/
Spoiler for Selene:
Selene adalah salah satu dari tiga dewi bulan, yang berkuasa atas bulan sabit. Selene dalam mitologi Romawi adalah Luna. Ia tinggal bersama kakaknya, tetapi setiap kakaknya, helios pulang ke istana emas mereka yang terletak di Timur, saat itulah Selene keluar dengan keretanya. Ia digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan gaun keperakan sama seperti warna rambutnya, mengenakan mahkota bulan sabit di dahinya dengan membawa obor dan mengendarai keretanya melintasi langit malam.