Stealth technology also known as LOT (Low Observability Technology) is a sub-discipline of military electronic countermeasures which covers a range of techniques used with aircraft, ships and missiles, in order to make them less visible (ideally invisible) to radar, infrared and other detection methods.

Badan pesawat merupakan objek yang bagus dalam memantulkan sinyal radar, ini membuatnya mudah untuk dilacak menggunakan peralatan radar.
Tujuan dari stealth technology ialah membuat pesawat tak tampak pada radar. terdapat dua metode:
1. pesawat dibentuk sedemikian rupa sehingga sinyal radar yang terpantul tidak mengarah ke peralatan radar pemancar,
2. pesawat dilapisi material yang menyerap sinyal radar.

Pesawat-pesawat konvensional memiliki bentuk membulat. bentuk ini membuat pesawat menjadi aerodinamik, tetapi juga menjadikan pesawat sebagai pemantul sinyal radar yang efisien. Bentuk membulat berarti dari arah manapun sinyal radar mengenai pesawat, beberapa sinyal akan dipantulkan balik ke pemancar sinyal radar.

Pada peswat stealth, sebaliknya, badan pesawat dibuat sangat datar dan memiliki ujung yang sangat tajam. Ketika sinyal radar mengenai pesawat stealth, sinyal dipantulkan pada sudut tertentu (tidak ke segala arah),

Selanjutnya, permukaan peswat dapat pula dilapisi lapisan penyerap energi sinyal radar. hasilnya ialah seperti pada pesawat F-117A yang hanya meninggalkan jejak seperti burung pada radar alih-alih jejak pesawat. Satu pengecualian, akan ada satu kondisi dimana pesawat akan memantulkan secara total sinyal radar dari pemancar radar, tetapi ini pada posisi pesawat tertentu saja dari radar. Tak ada gading yang tak retak