Rasanya belum tuntas jika kita membicarakan warnet, kita hanya membahas tentang fenomena dan sisi bisnisnya saja tanpa menyentuh persoalan teknis. Dalam tulisan ini saya akan membahas aplikasi-aplikasi apa saja yang harus diinstal di sebuah warnet.

No. Aplikasi Nama Aplikasi Keterangan
1. Operating System Windows XP Sp2 Wajib diinstal. Sebenarnya Anda bisa menggunakan Linux hanya saja jika Anda menggunakan Linux game online tidak dapat dijalankan di warnet Anda.
2. Aplikasi Office Jika Anda cukup punya dana maka gunakan Microsoft Office karena sebagian besar user sudah sangat familiar dengan aplikasi ini. Tapi jika dana Anda terbatas, cukup gunakan OpenOffice saja karena fitur kedua aplikasi ini hampir sama
3. Biling Jika ada dana gunakan aplikasi berbayar. Biasanya aplikasi berbayar ada support yang akan membackup semua kebutuhan Anda jika suatu saat warnet Anda bermasalah. Billing Explorer sangat direkomendasikan karena kemudahannya, kehandalannya, dan fitur yang lengkap. Jika tidak ada dana cukup gunakan scWBS2007 (recommended)
4. Browser Keempat browser tersebut harus ada. Jika perlu tambahkan dengan Safari, Flock, Maxthon, dll
5. Chat & Messaging Yang wajib ada hanya Yahoo Messenger dan Skype, yang lainnya opsional
6. Game Online Disinilah sebenarnya jantung usaha Anda. Manjakan pelanggan Anda dengan game-game yang berkualitas, hardware yang mumpuni, game yang selalu up to date (sering melakukan patching). Point Blank adalah primadona diantara game-game online yang beredar di Indonesia. Kebutuhan hardware game Point Blank cukup tinggi (untuk kebutuhan hardware baca ini) so jadikan game ini sebagai acuan hardware Anda. Jika komputer Anda dapat memainkan Point Blank dengan lancar maka dijamin game yang lain pun akan lancar.

Semua game online adalah aplikasi portable. Artinya untuk menjalankan game tidak perlu melakukan instalasi dulu, cukup copy-paste saja. Saran saya taruhlah master game bukan pada partisi system (drive C: maksudnya) tapi pada partisi D. Ini dilakukan karena setiap game online akan melakukan patching pada programnya sementara pada partisi C: telah dipasangi Deep Freeze sehingga jika Anda menaruh master game di drive C: dan melakukan patching akan sia-sia saja karena perubahan (hasil patching) akan hilang begitu komputer restart atau shut down.

7. System Protection Deep Freeze Untuk menghindari komputer rusak karena hang, crash, virus, dll gunakan aplikasi ini. Deep Freeze akan mengembalikan Windows ke setingan awal. Pastikan yang di-freeze hanya partisi C: saja sementara partisi D: biarkan saja apa adanya
8. Antivirus Gunakan salah satu diantara antivirus tersebut. Atau Anda dapat mengkombinasikan keduanya, antara antivirus lokal (Smadav dan PCMAV) dengan antivirus luar negeri (Avira, AVG, Avast dll)

Tunggu tulisan selanjutnya tentang bagaimana menyeting dan konfigurasi aplikasi-aplikasi diatas.