sumber : Ramadhian Fadillah – detikNews
Tank Leopard/wikipedia

Jakarta – Tank kelas berat identik dengan bobot yang berat, meriam yang besar dan daya hancur yang tinggi. Dalam pertempuran, tank ini memegang peran besar untuk menyerang atau bertahan. Ini dia 10 tank terbaik di dunia.

1. Leopard 2A6

Ini tank buatan Jerman yang sekarang ramai menjadi perdebatan di tanah air. Situs http://www.military-today.com dan beberapa situs militer lainnya sepakat menobatkan tank ini sebagai salah satu tank kelas berat terbaik di dunia. Tank Leopard 2A6 dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi.

Bobotnya 62 ton, dipersenjatai dengan meriam kaliber 120 mm dan dua senapan mesin 7,6 mm. Mampu mendaki hingga kemiringan 60 derajat dan melaju hingga 72 km. Tank ini juga memiliki daya jelajah 550 Km. Jerman, Kanada, Yunani, Belanda, Portugis dan Spanyol menggunakan tank ini sebagai andalan.

2. Challenger 2

Panser dan Tank buatan Inggris dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Begitu pula dengan Tank Kelas Berat Challenger 2. Tank ini memiliki proteksi yang sangat baik dalam menahan gempuran musuh.

Challenger 2 dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Tank ini memiliki berat 62,5 ton. Dipersenjatai meriam kaliber 120 mm yang efektif digunakan pada jarak 3.000 meter, namun mampu mencapai jarak 5.000 meter. Daya jelajah 450 km, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

3. MIA2 Abrams

MIA2 Abrams! Ini tank andalan Amerika Serikat untuk melibas musuh-musuhnya di seluruh dunia. Baju besinya dilapisi uranium, sementara lapisan dalam tank dilapisi Kevlar untuk menjamin keselatan kru tank.

MIA2 Abrams dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Senjatanya mengandalkan meriam M256 120mm. Mampu menghancurkan tank lain dalam radius 4 Km. Tiga senapan mesin menambah seram tank berbobot 62,5 ton ini. MIA2 Abrams memiliki daya jelajah 400 km dan kecepatan maksimun 67 Km.

4. K2 Black Panther

K2 Black Panther diharapkan untuk menggantikan seluruh tank K1 Korea Selatan. Disebut-sebut inilah tank paling mahal saat ini. Mengusung perlindungan seperti M1A2 Abrams milik Amerika Serikat, namun dengan bobot yang lebih ringan, hanya 55 ton.

Tank K2 dioperasikan 3 awak. Senjatanya meriam kaliber 120 mm, dengan dua senapan mesin. Daya jelajah 430 km, dengan kecepatan maksimum 70 km/jam. K2 akan membuat Kavaleri Korea Utara berfikir dua kali sebelum bertempur head to head dengan tank ini.

5. Tank T-90

Tank T-90 menjadi andalan Rusia di era pasca Perang Dingin. Tank ini merupakan pengembangan dari Tank T-72 semasa perang dingin. Tank T-90 dioperasikan 3 awak dengan berat 46,5 ton. Senjatanya meriam kaliber 125 mm, dan dua senapan mesin. Daya jelajah 550 km dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.

Ada beberapa varian Tank T-90, selain digunakan untuk pertempuran, Rusia juga membuat varian penyampu ranjau dan keperluan zeni konstruksi. India membeli lisensi dari Rusia untuk membuat tank kelas beratnya sendiri, Bhisma. Rusia kini sedang mengembangkan T-95, sebuah monster kelas berat berlapis baja yang lebih canggih.