15 Kendaraan Lapis Baja Yang Nyaris Membuat Nazi Jerman Menaklukkan dunia

15 Kendaraan Lapis Baja Yang Nyaris Membuat Nazi Jerman Menaklukkan Dunia

Nazi Jerman maupun pihak sekutu menyadari pentingnya menggunakan kendaraan tempur gerak cepat untuk memenangkan pertempuran
Belajar dari pengalaman pahit ketika kalah dalam perang parit pada Perang Dunia I, membuat Jerman memikirkan strategi lain untuk menaklukan sekutu. Hasilnya adalah Blitzkrieg (perang kilat) tak- tik yang digunakan Nazi Jerman pada Perang Dunia II. Keberhasilan Blitzkrieg lebih banyak ditentukan oleh tak- tik yang brilian dengan memanfaatkan efek psikologis serangan cepat dengan divisi- divisi lapis baja. Tank- tank yang dikerahkan mampu melalui rintangan apapun, baik medan yang berat, maupun medan ringan.

Adalah Jenderal Heinz Guderian yang pertama kali mengusulkan pentingnya bagi Jerman untuk memiliki sebuah pasukan yang mampu bergerak cepat, memukul lawan sebelum disadari kehadirannya. Pasukan Jerman dengan kendaraan lapis bajanya sebagai tulang punggung benar- benar menjadi monster bagi pasukan sekutu di Perang Dunia II.

Beriktu 15 kendaraan lapis baja yang digunakan Wehrmacht (Angkatan Bersenjata Jerman) pada Perang Dunia II.

1. PzKpfw I (Panzerkampfwagen I)

Panzer I
militaryfactory.com

Disebut juga Panzer I merupakan jenis tank ringan yang mulai diproduksi masssal sejak tahun 1934. Fungsi utama Panzer I adalah sebagai tank latih dalam memperkenalkan ilmu perang tank bagi para awak tank sebelum terjun ke medan perang. Meskipun demikian, Panzer I sudah mulai dikerahkan  dalam Blitzkrieg ketika menduduki Polandia pada 1939 dan Perancis pada 1940.

2. PzKpfw II

Panzer II
militaryfactory.com

Panzer II menjadi inti kekuatan kesatuan lapis baja Jerman dalam Blitzkrieg di Polandia dan Perancis bersama Panzer I. Panzer II mulai diproduksi tahun 1935, Panzer II dilengkapi dengan senjata anti tank 20 mm KwK (Kampfwagenkanone = meriam tank) 30 L/ 55. Panzer II adalah tank dengan banyak varian.

3. PzKpfw III

militaryfactory.com

Panzer III adalah tank kelas medium pertama Jerman yang dirancang untuk pertempuran antar tank, Panzer III dirancang berdasarkan pengarahan langsung dari Jenderal Heinz Guderian. Dianggap sebagai tank terbaik dikelasnya, Panzer III bersama Panzer IV menjadi kekuatan utama pasukan tank Jerman dalalm fase- fase awal operasi Barbarossa (invasi Ke Uni Soviet) dan menjadi tulang punggung kekuatan Afrika Korps dibawah pimpinan Marsekal Erwin Rommel, “si rubah gurun” yang termasyhur.

4. PzKpfw IV

ww2-weapons.com

Panzer IV diproduksi dalam waktu yang bersamaan dengan Panzer III, Panzer IV sering dikerahkan bersama Panzer III untuk saling mendukung satu sama lain dengan perang masing- masing. Jika Panzer III dirancang untuk menghancurkan tank lawan, Panzer IV lebih banyak berperan sebagai dukungan anti infanteri atau untuk melawan tank- tank ringan.

5. PzKpfw V Panther

fhsw.wikia.com

Panzer V adalah tank kelas medium yang dibuat untuk menggantikan Panzer III, desain Panther banyak mengambil dari tank T-34 buatan Uni Soviet, diantaranya adalah pemasangan lapisan pelat baja pelindung secara miring dengan sudut tertentu. Panther dilengkapi dengan senjata utama meriam 75 mm KwK 42 L/ 70 dan dua senapan mesin MG34 7,92 mm.

6. PzKpfw VI Tiger

nolimitszone.com

“Tigerphobia” istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan psikologis yang dialami musuh- musuh Jerman di Perang Dunia II, Panzer VI Tiger merupakan tank berat Jerman yang paling ditakuti oleh pasukan lawan, dengan berat 57 ton Tiger memiliki penampilan yang kokoh. Dilengkapi dengan senjata meriam 88 mm Flak dan dua senapan mesin Maschinengewehr (MG)34 7,92 mm. 88 mm Flak dapat digunakan sebagai senjata anti pesawat maupun anti tank.

7. Panzerjager I

survincity.com

Panzerjager I (Pemburu Tank I) merupakan model yang paling awal dari tank destroyer Jerman, Panzerjager I dilengkapi dengan meriam anti tank skoda 47 mm PaK buatan Cekoslowakia. Mulai digunakan sejak serangan ke Perancis, kemudian turut menjadi bagian dalam kesatuan Afrika Korps di medan perang Afrika Utara.

8. Marder

Merupakan model dari tank destroyer Jerman yang diproduksi untuk menggantikan peran dari Panzerjager. Ada tiga seri Marder yaitu Marder I, Marder II dan Marder III.

9. Nashorn

Generasi selanjutnya dari model tank destroyer Jerman setelah Panzerjager dan Marder, diberi nama julukan “Nashorn” atau “si Badak” atas perintah langsung dari Adolf Hitler.

10. Ferdinand (Sd.Kfz. 184)/ Elefant

militaryfactory.com

Berbeda dengan model- model tank destroyer sebelumnya yang berfungsi untuk menghancurkan sasaran dari jarak jauh, Ferdinand dirancang untuk berhadapan langsung dengan tank lawan. Sehingga Ferdinand merupakan versi pertama dari model destroyer yang dibuat dengan perlindungan maksimal.

11. JagdPanther (Panter Pemburu)

tanks-encyclopedia.com

Merupakan kendaraan tempur yang paling ditakuti musuh- musuhnya, seperti Ferdinand, JagdPanther dibuat dengan pelindung yang kuat dan dirancang untuk berhadapan langsung dengan tank musuh.

12. JagdTiger (Tiger Pemburu)

germanwarmachine.com

Kendaraan tempur lapis baja paling berat (70 ton) yang tampil dalam Perang Dunia II, ukuran raksasa JagdTiger dirancang untuk membawa meriam 128 mm, yang lebih mengutamakan kekuatan daripada kecepatan.

13. JagdPanzer 38

germanwarmachine.com

Mulai diproduksi di akhir perang, yaitu tahun 1944 merupakan tank destroyer ringan yang diproduksi untuk menggantikan peran Marder III, dipersenjatai dengan meriam 75 mm PaK 39 L/ 48.

14. Sturmgeschutz (StuG) III

germanwarmachine.com

15. Sturm Tiger

blog.tiger-tank.com

Dirancang untuk membawa meriam mortir/ peluncur roket 380 mm RW61 L/5,4. Kendaraan ini dirancang khusus untuk memberikan dukungan terhadap pasukan infanteri dan khusus digunakan dalam pertempuran kota.

Demikian ulasan tentang 15 Kendaraan Lapis Baja Yang Nyaris Membuat Nazi Jerman Menaklukkan Dunia, semoga bermanfaat buat para pembaca Terimakasih

Leave a comment